Cara mengatasi masalah kopling Jupiter MX

Buat yang punya motor Jupiter MX, biasanya yang tipe manual clutch, mengalami masalah ini, yah masalah kopling gosong motor jupiter mx, nah bagaimana sih tips-tipsnya supaya motor jupiter mx kopling nya awet dan tidak mudah gosong atau rusak, nih ada tips dari yang punya si Jupi ckidot gan.. :D

Jakarta – Terry Safari, pemilik Yamaha Jupiter MX tahun 2006 sering menemui kopling motornya gosong. Padahal kanvas kopling baru diganti. Paling lama kopling bisa tahan selama 6 bulan. Bagaimana mengatasinya?

“Sekedar informasi motor hanya saya pergunakan untuk pergi dan pulang kerja yang jarak tempuhnya kurang dari 10 km,” ujarnya.

Penyebab kopling MX yang sering gosong itu sangat banyak. Seperti yang dikatakan Chief Mechanic Bengkel Resmi Yamaha Berkah Abi, Kasworo, yang berada di Jalan Condet Raya ini.

“Sebenarnya permasalahan pada kopling manual Jupiter MX tahun 2006 ini sudah sangat lama sekali. Tapi pihak Yamaha telah menemukan jawabannya dan terus melakukan modifikasi untuk Yamaha Jupiter MX belakangan ini, sehingga tidak terjadi lagi permasalahan ini,” katanya.

Lalu bagaimana solusi agar kopling Yamaha Jupiter MX tahun 2006 tidak gosong? Pertama agar kopling dapat bertahan hingga 2,5-3 tahun, kita harus tahu terlebih dahulu berapa liter oli mesin yang digunakan.

“Biasanya salah satu penyebab kerusakan pada kopling manual itu salah memilih ukuran pada oli mesin, kami menyarankan agar menggunakan oli mesin yang berukuran 1 liter. Ini agar kopling manual dapat terendam sepenuhnya. Apabila tidak terendam sepenuhnya maka akan lebih cepat menghabiskan kanvas kopling dan menjadi gosong,” ujarnya

“Selain itu perlu dilihat juga cara pengendara mengendarai kendaraannya
tersebut. Perlu diperhatikan disaat setelah mengganti gigi, biarkan hendel harus dilepas jangan sampai tertahan. karena apabila satu jari saja menahan handel kopling, maka itu sudah tertarik dan ini yang menyebabkan kanvas cepat habis,” ujarnya.

Ini yang harus benar-benar diperhatikan. Memang untuk Yamaha Jupiter MX 2006, ini merupakan salah satu permasalahan yang terjadi.

“Tapi dari pihak Yamaha juga sudah diberitahukan akan solusinya. yaitu dengan membuat bolongan dengan dibor dengan mata bor yang terkecil dengan ukuran 10 mili, pada bagian Primary Driven Gear, Boss Clutch dan Plate Pressure. Oni diperuntukkan untuk keluar masuknya oli mesin pada kopling,” ujarnya.

Lalu bagaimana cara untuk membuat bolongan pada Primary Driven Gear dan Boss Clutch?

“Untuk membuat bolongan pada Primary Driven Gear(rumah kopling) dan Boss Clutch itu tidak sembarangan. Pertama membuat bolongan jangan terlalu besar, hanya berukuran 10 mm. setelah itu membuat bolongan Primary Driven Gear dilakukan secara selang seling. Dan untuk membuat bolongan pada Boss Clutch ini dilakukan dalam bentuk zig-zag,” tambahnya.

Tapi para pengguna Yamaha Jupiter MX tidak perlu khawatir untuk permasalahan ini. Karena menurut lelaki gempal ini seluruh bengkel resmi Yamaha dapat memperbaikinya.

Yamaha Jupiter MX terbaru menurutnya sekarang sudah mengalami perubahan pada koplingnya. “Bentuk primary driven gear dan boss clutch-nya lebih besar, jadi tidak mengalami kopling gosong lagi,” yakinnya. Sementara di pagi hari sering kita dengar suara “pletak” ketika masuk gigi 1. Nah, untuk menghindarinya alangkah baik tekan kopling sekitar 4-5 detik sebelum masuk ke gigi 1. ( ddn / ddn ) (sumber:oto.detik.com)

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: